Suardi Saleh: Hari Bela Negara jadi Momentum Tingkatkan Semangat Bangun Daerah

Barru – Peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 Tingkat Kabupaten Barru diperingati dihalaman Kantor Bupati Barru, Senin 19/12/2022.

Dibawah guyuran hujan, Upacara tetap berlangsung secara sederhana dan hikmat diikuti oleh Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama, Pimpinan OPD dan ASN Pemkab Barru.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si bertindak selaku Inspektur Upacara. sekaligus membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo.

Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya menekankan, melalui peringatan ini, kita meneguhkan niat kita, bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.

“Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang”, tegas Jokowi

Foto Bapak Bupati kabupaten Barru, Ir. H. Suardi Saleh M. Si saat berpidato dihadapan puluhan peserta kegiatan upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 Tingkat Kabupaten Barru diperingati dihalaman Kantor Bupati Barru, Senin 19/12/2022.

Oleh karena itu lanjutnya,  kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara.

Dikatakan, Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Nilai Dasar Bela Negara adalah Cinta Tanah Air; Sadar Berbangsa dan Bernegara; Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara; Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara; dan Kemampuan Awal Bela Negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

“Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.”, harapnya.

Pada Peringatan HBN Ke-74  yang mengusung tema, Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku,  dirinya berharap, Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.

Bupati Barru usai membacakan sambutan tertulis Presiden Jokowi, secara khusus menitip harapan agar peringatan Hari Bela Negara ke-74 tidak hanya diperingati dalam bentuk ceremoni belaka, tapi lebih dari itu Hari Bela Negara ini hendaknya dijadikan momentum untuk meningkatkan semangat Bersama dalam membela negara dan membangun bangsa serta membangun daerah kita.

“Peringatan Hari Bela Negara tahun ini terasa sangat istimewa karena jarang hari-hari besar Pak Presiden membuat sambutan seragam. Oleh karena itu kita wajib menghargainya”, terang Bupati.

Dikatakan, bangsa ini akan kuat dan besar, apabila kita semua mampu mengambil peran untuk menjadikan bangsa ini lebih maju lagi. Dalam konteks Kabupaten Barru lanjut Bupati kita jadikan momentum untuk memaksimalkan kinerja kita.

Selanjutnya Bupati Barru mengingatkan bahwa kita sudah berada dipenghujung tahun. Beberapa hari lagi kita memasuki tahun baru 2023 sehingga masih ada waktu untuk memaksimalkan kerja-kerja kita untuk menuntaskan hal-hal yang perlu di tuntaskan terutama dari segi penyerapan anggaran.

Humas IKP

Suardi Saleh: Hari Bela Negara jadi Momentum Tingkatkan Semangat Bangun Daerah

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.