Kecamatan Tanete Riaja

Visi

"Dengan profesionalisme dan semangat kebersamaan mewujudkan Kecamatan Tanete Riaja yang maju, sejahtera dan bermartabat "

Misi

Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur Kecamatan. Meningkatkan sistem pelayanan. Meningkatkannya koordinasi antara unit kerja dan instansi. Meningkatkannya partisipasi Masyarakat dalam kegiatan pembangunan.

STRUKTUR ORGANISASI 

KECAMATAN TANETE RIAJA KAB. BARRUMUSTAKIM PANUNGGU, BSWCAMAT TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU
 SEKRETARIATDra. ICALLISEKRETARIS KECAMATAN TANETE RIAJA
   KASUBAG. PENYUSUNAN PROGRAM
   KASUBAG. KEUANGAN
  Drs. SYARIFUDDIN. TKASUBAG. UMUM
 SEKSI TATA PEMERINTAHANANWAR, SEKASI. TATA PEMERINTAHAN
 SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESADra. HJ. ST. MUHRAHKASI. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA
 SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUMARISTO SHIDDIQ, SH, MHKASI. KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM
 SEKSI PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNANHj. HASBIAHKASI. PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN

Lurah Lompo Riaja : Sulaiman, S. iP 

Sek. Lur. Lompo Riaja :

DESA

Desa Harapan : Nahiruddin

Sek. Des. Harapan : Syakariah

Ketua BPD Harapan : Sapareng 

Desa Lompo Tengah : H.Burahanuddin

Sek. Des. Lompo Tengah : Sakaruddin

Ketua BPD Lompo Tengah : Ir. Muh. Said

Desa Kading : Drs. Muh. Ridwan

Sek. Des. Kading : Halikman

Ketua BPD Kading : H. A. Hafid Rio 

Desa Libureng : Samsu Musa

Sek. Des. Libureng : Amiruddin

Ketua BPD Libureng : H. Kula 

Desa Lempang : Muh. Sunusi, S.Pd

Sek. Des. Lempang :

Ketua BPD Lempang : Drs. H. Jumardin

Desa Mattirowalie : Muh. Bakri

Sek. Des. Mattirowalie : Sultan Tahir

Ketua BPD Mattirowalie : Bakri

KEBIJAKAN

Peningkatan kualitas profesionalisme sumber daya aparatur kecamatan. Peningkatan sistem pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan koordinasi yang mantap unit kerja dan instansi. Peningkatan keterlibatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan.

STRATEGI

Meningkatnya kualitas sumber daya aparatur (pegawai). Meningkatnya sistem pelayanan kepada masyarakat. Meningkatnya koordinasi yang mantap unit kerja dan instansi. Meningkatnya keterlibatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan.

SASARAN

Terciptanya kualitas sumber daya aparatur yang profesional. Terciptanya sistem pelayanan yang baik. Terciptanya koordinasi unit kerja dan instansi. Terciptanya partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan.

TUJUAN

Meningkatkannya kualitas sumber daya aparatur. Meningkatkannya sistem pelayanan. Meningkatkannya koordinasi unit kerja dan instansi. Meningkatkannya partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan.

TUGAS DAN FUNGSI Tugas Pokok Camat

Tugas pokok Camat Tanete Riaja adalah melaksanakan kewenangan Pemerintah yang dilimpahkan oleh Bupati dan tugas pemerintahan lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Fungsi Camat

Untuk menyelenggarakan tugas, Camat Tanete Riaja mempunyai fungsi sebagai berikut :   Mengkoordinasi kegiatan pemberdayaan masyarakat. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, pembinaan kesatuan bangsa, kerukunan hidup antar umat beragama dan perlindungan masyarakat. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan perundang-undangan yang lain. Mengkoordinasikan Pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum. Mengkoordinasikan kegiatan unit Pelaksana Teknis Instansi Pemerintah di wilayah kerjanya. Melakukan penilaian atas laporan pertanggung jawaban Kepala desa. Fasilitas penyelenggaraan kerja sama antar Desa dan penyelesaian perselisihan antar Desa. Fasilitas Penataan Desa/Kelurahan, Penyusunan peraturan Desa.   Pelaksanaan Administrasi Kependudukan. Pelaksanaan inventaris asset daerah atau kekayaan daerah lainnya yang ada di wilayahnya. Pemberian rekomendasi dan perizinan tertentu. Pertimbangan pengangkatan Kepala Desa. Pembinaan dan pengembangan serta pemantauan kegiatan perindustrian, Perdagangan, pertambangan, kepariwisataan, perkoperasian, UKM, golongan ekonomi lemah, peternakan, pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan. Pelaksanaan pencegahan atas pengambilan sumber daya alam tanpa izin dan dapat mengganggu serta membahayakan lingkungan hidup. Pengkoordinasian pelaksanaan pembangunan swadaya masyarakat. Memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan Kepala desa dan Badan Permusyawaratan desa di wilayah kerjanya. Mengkoordinasikan penyelenggaraan pembangunan, pengembangan perekonomian dan penanggulangan terjadinya pencemaran serta kerusakan lingkungan. Mengkoordinasikan pelaksanaan pungutan pajak dan retribusi daerah sesuai kewenangan yang telah dilimpahkan oleh Bupati. Mengkoordinasikan penyelenggaraan Pendidikan, pelayanan kesehatan, keluarga berencana, pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan obat, narkotika, psikotropika, zat adiktif dan bahan berbahaya. Pembinaan dan pengembangan ketenaga kerjaan, organisasi sosial kemasyarakatan, lembaga adat dan suku terasing. Pengawasan atas tanah-tanah negara dan tanah asset pemerintah daerah di wilayah kerjanya. Pencegahan dan penanggulangan bencana alam dan pengungsi serta masalah sosial pelaksanaan monitoring dan inventarisasi terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tanah terlantar, tanah negara bebas, tanah timbul di wilayah kerjanya. [lihat peta kecamatan tanete riaja]