Pertambangan & Energi

Kabupaten Barru merupakan daerah yang kaya potensi sumber daya mineral namun belum dimanfaatkan karena terbatasnya pengetahuan dan teknologi serta sarana yang dimiliki masyarakat. Potensi sumber daya mineral sebagai bahan baku utama Semen Portland antara lain

Batu Gamping (kurang lebih 1,550 juta m3 atau 2,1 Milyar ton) tersebar di Kecamatan Pujananting, Tanete Riaja dan Barru.

Pasir Kuarsa (kurang lebih 16 juta m3 atau 32 juta ton) yang penggunaannya sebagai bahan baku Pengoreksi Pabrik Semen dapat dijumpai di Kecamatan Pujananting, Tanete Riaja, tanete Rilau dan Barru.

Pasir Besi (kurang lebih 2 juta ton) dapat ditemui tersingkap di sepanjang pantai Kecamatan Tanete Rilau sampai dengan Pantai Kecamatan Mallusetasi.

Batubara/Coal (kurang lebih 8,5 juta ton) dapat dijumpai di Pujananting, Tanete Riaja dan Barru.

Serpentinit (kurang lebih 2,5 Milyar m3 atau 5 Milyar ton).

Tras (kurang lebih 10 juta ton) dapat dijumpai tersingkap di daerah Kupa Kecamatan Mallusetasi. Potensi tersebut merupakan peluang bagi penanaman modal terutama pada pabrik Semen Portland yang prospek pendiriannya terdiri dari Desa Libureng dan MattirowaliE KecamatanTanete Riaja, Desa Pattappa Kecamatan Pujananting, Kelurahan SepeE dan Desa Binuang Kecamatan Barru, Desa gattareng Kecamatan Pujananting. Berdasarkan potensi bahan baku, maka pabrik Semen yang dapat dibangun di daerah itu berkapasitas produksi 3-5 juta Ton per tahun dengan umur produksi berdasarkan bahan baku lebih besar dati 100 tahun.   Sumber daya energi Kabupaten Barru antara lain Panas Bumi (Geothermal) yang berlokasi di KolampiE Desa Galung Kecamatan Barru dengan potensi pembangkit listrik 25 MW, gas alam (Natural Gas) yang berlokasi Desa Libureng dan Kelurahan Lompo Riaja Kecamatan Tanete Riaja dengan potensi 3 lokasi rembesan (semburan), Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang potensial di Sungai Karaja, Allu dan Sungai Batu Pute, Jempulu Desa Pujananting, dengan masing-masing potensi 10 MW. Sungai WuruwuE, Waesai Kelurahan Lompo Riaja Kecamatan Tanete Riaja dengan potensi 15 MW. Sungai Lampoko Desa balusu Kecamatan Balusu dengan potensi 10 MW dan Sungai Palakka Desa palakka Kecamatan Barru dengan potensi 5 MW. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang terletak di BawasaloE Desa Lampoko Kecamatan Balusu berkapasitas 2x50 MW yang pengoperasiannya diperkirakan pada tahun 2012 dengan jangkauan meliputi Propinsi  Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara

Download