TIM VERIFIKASI NASIONAL KABUPATEN/KOTA SEHAT TIBA DI KAB.BARRU

Wednesday, 11 October 2017

Pemerintah Kabupaten Barru menerima Tim Verifikasi Nasional Kabupaten/Kota Sehat dalam rangka mewujudkan Kabupaten Barru 
menuju Kabupaten Sehat, yang digelar di Ruang Pola Colliq Pujie Kantor Bupati Barru, Rabu, 11/10/17.

Tim verifikasi disambut langsung oleh Sekertaris Daerah Kab. Barru Ir. H. Nasruddin AM, M. Si. bersama Wakil Ketua TP. PKK Kab. Barru drg. Hj. Hasnah Syam, Mars.

Penilaian untuk predikat Kota Sehat didasarkan pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat dan dilakukan setiap dua tahun sekali dalam rangka pemberian penghargaan Kota Sehat.

Indikator khusus yang harus dipenuhi sebagai Kota Sehat terkait kawasan pemukiman yaitu udara bersih, air sungai bersih, penyediaan air bersih untuk individu dan umum, pembuangan air limbah domestik, pengelolaan sampah, pertamanan dan hutan kota, sekolah, pengelolaan pasar, sarana olahraga, rekreasi, dan taman bermain anak-anak, penataan sektor informal seperti pedagang kaki lima dan industri rumah tangga. Selain terkait pemukiman, indikator Kota Sehat juga meliputi kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata, kawasan industri dan perkantoran, kawasan pertambangan, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan sosial yang sehat.

Sekda Barru Ir. H. Nasruddin, AM, mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi kabupaten sehat disela sambutannya, beliau juga berharap agar predikat Kabupaten Sehat nantinya jatuh di Kab. Barru.

" Tentunya kita berharap Kab. Barru mampu meraih Predikat Kab. Sehat yang tentunya didukung oleh sarana penunjang dalam meraih predikat tersebut." Ujar Beliau.

pada kesempatan yang sama ketua tim verifikasi Dewi Marlina, Skm, Mkm menyampaikan dalam sambutannya bahwa "Kami ditugaskan dari pusat, Selaku pembina pusat untuk melakukan pembinaan. Apabila nanti ditemukan jauh lebih baik akan kita rekomendasikan. Kami berharap apa yang dicita-citakan dapat tercapai ".

Sekda Kab. Barru berharap, bahwa mudah-mudahan Barru akan lolos dan mendapatkan predikat kabupaten bergengsi tersebut.

(Humas Pemkab.Barru)