Tiba di Barru, Gerbong Kereta Api Diuji Coba Awal November

Monday, 30 October 2017

BARRU - Gerbong kereta api Barru telah tiba di Pelabuhan Garongkong, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Gerbong sepanjang 20 meter dan lebar tiga meter tersebut tiba, Minggu (29/10/2017).

Gerbong tersebut diangkut dari Banda Aceh sejak 18 hari yang lalu dengan menggunakan kapal tanker Metraco Shipping.

Pengawas mitra perusahaan angkutan gerbong kereta api Umar Bugis mengatakan, gerbong tersebut dari Madiun yang dikirim ke Aceh dan sudah lama tidak digunakan.

"Gerbong ini adalah gerbong baru yang asalnya dari Madiun tapi kebetulan di Aceh tidak pernah digunakan dan gerbongnya cocok dengan rel di Barru, makanya ini yang dikirim ke sini," kata kepada TribunBarru.com, saat ditemui di pelabuhan Garongkong, Senin (30/10/2017).

"Baru satu gerbong yang kita kirim ke sini, sisanya nanti menyusul. Masih ada dua gerbong seperti ini di Aceh," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Barru Andi Adanan Azis menambahkan, gerbong tersebut rencananya akan diangkut ke Lalabata untuk segera diuji coba.

"Sebentar sore gerbongnya sudah diangkut ke Lalabata menggunakan trailer. Rencananya nanti di bulan November baru akan diuji coba dari Desa Lalabata menuju Pekkae yang jarak tempuhnya sekitar tujuh kiloan," katanya.

Pantauan TribunBarru.com, gerbong RKA tersebut saat ini masih berada di pelabuhan Garongkong.

Sejumlah buruh ekspedisi terlihat sibuk mempersiapkan pemindahan gerbong RKA tersebut ke mobil trailer untuk diangkut ke Lalabata.

(TribunBarru.com, Akbar HS)