SUARDI SALEH BUKA PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN WAWASAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN BAGI ANGGOTA BPD DAN PERANGKAT DESA

Tuesday, 1 November 2016

Plt. Bupati Barru H. Suardi Saleh membuka secara resmi Pelatihan dan pengembangan wawasan administrasi pemerintahan anggota BPD dan perangkat desa se Kabupaten Barru di Hotel Dinasti Makassar, Selasa malam (1/11/2016).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Sulis Mandiri bekerjasama dengan Bagian Pemerintahan Desa, Kelurahan dan Kecamatan Sekretariat Daerah Kabupaten Barru. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa khususnya dalam proses pemilihan kepala desa dan penyusunan laporan kinerja BPD.

Ketua Yayasan Sulis Mandiri, Ilyas menyampaikan bahwa pelatihan dan pengembangan wawasan bagi aparat desa dan anggota BPD ini diikuti sebanyak 79 orang, perwakilan masing masing anggota BPD dan perangkat desa dari 40 Desa  se Kabupaten Barru.

Plt. Bupati Suardi Saleh dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan seluruh anggota BPD se Kab. Barru. "Saya merasa bersyukur karena sejak dilantik oleh mendagri sebagai wakil bupati sampai menjabat sebagai pelaksana tugas Bupati belum pernah bertatap muka dengan para anggota BPD selengkap seperti ini, tatap muka seperti ini memudahkan kita saling memahami satu sama lain, saling kenal lebih dekat, mengeratkan silaturahmi agar ukhuwah kita tetap terjaga", ungkapnya.

Menurut Suardi Saleh, peran BPD sangat penting dalam menjadikan desa yang mandiri dan maju, memberi penguatan pada desa,mewujudkan kesejahteraan warga desa yang tertuang dalam program kerja pembangunan yang disusun oleh BPD. "Sangat besar peran BPD dalam memajukan desa, karena mereka mengetahui persis akan kebutuhannya karena itu rencana kerja pembangunan desa juga berawal dari desa", ucapnya.

Suardi Saleh menuturkan, desa saat ini mengelola dana yang cukup besar dan itu menuntut peran BPD yang semakin besar pula, karena itu pergunakan dana desa sebaik baiknya sesuai kebutuhan desa.  Selain pembangunan infrastruktur desa, sangat penting pemanfaatan dana desa juga diarahkan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa secara langsung. "Infrastruktur penting, tapi barengi dengan program program pengentasan kemiskinan, peningkatan ekonomi desa, pemberdayaan Bumdes, serta kegiatan lainnya yang menyentuh peningkatan kesejahteraan rakyat secara langsung", katanya.

Menyinggung pelaksanaan Pilkades serentak 28 desa di Kabupaten Barru, kepada para anggota BPD Suardi Saleh berpesan agar para anggota BPD yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya. "Kepemimpinan ketua BPD selaku ketua panitia Pilkades akan diuji, dipundak saudara diletakkan harapan besar dari pemerintah dan masyarakat untuk melaksanakan Pilkades dengan aman, jujur adil dan tenteram, sukseskan kegiatan Pilkades tanpa ada gesekan yang mengganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat Kabupaten Barru", kata Suardi Saleh.

"Jaga wilayahta tetap kondusif jadilah teladan yang baik ditengah masyarakat, bersama kita wujudkan masyarakat yang sejahtera, jaga persatuan dan kesatuan karena itulah kekuatan kita", tambahnya

Suardi Saleh diakhir arahannya juga berpesan kepada para anggota BPD agar menjaga amanah dengan sebaik baiknya. "Untuk anda para anggota BPD, mari jalankan amanah ini dengan sebaik baiknya, dari Bukhari, Rasulullah Muhammad SAW mengingatkan kita bahwaAmanah adalah kehinaan dan penyesalan di akherat nanti kecuali orang orang yang menjalangkannya dengan sebaik baiknya", tandasnya.Suardi Saleh kemudian menutup sambutannya dengan kalimat bijak dari polisi Hugeng untuk kita renungkan, "Menjadi orang penting itu baik, tetapi menjadi orang baik itu lebih penting". (mirwanhumas)