STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN, KELURAHAN SEPE'E LAKSANAKAN DEKLARASI ODF (OPEN DEFECATION FREE)

Wednesday, 20 March 2019

Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh. M. Si Menghadiri Deklarasi ODF(Open Defecation Free) "Stop Buang Air Besar Sembarangan" Bertempat di Aula Kantor Kelurahan Sepe'e, Kec.Barru, Kabupaten Barru, Selasa (19/03/2019).

Kelurahan ODF merupakan Kelurahan yang Masyarakatnya telah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan Tempat, Sebelum deklarasi ini di laksanakan, Sebelumnya telah dilakukan verifikasi ODF pada januari 2019 oleh Tim Verifikator Kabupaten, dengan cara mengunjungi langsung Rumah warga, melakukan wawancara serta meninjau lokasi jamban, Kelurahan Sepe'e merupakan Kelurahan ke-17 yang melaksanakan Deklarasi STOP BABS Di Kabupaten Barru.Kegiatan ini di tandai dengan pembacaan Pernyataan deklarasi yang di pimpin oleh Lurah Sepe'e dan di ikuti oleh masyarakat setempat Serta penyerahan Tropi dan piagam perhargaan oleh Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh.M.Si. "Bukan hal yang mudah mendapatkan status keluarahan ODF,Karna banyak sekali kondisi lapangan yang tidak sesuai dengan harapan kita,atas pencapaian ini kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak atas dukungannya",Ungkap Lurah Sepe'e.

Dalam Sambutannya Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh.M.Si mengatakan bahwa sesungguhnya apa yang kita raih pada hari ini, merupakan sebuah proses yang panjang. Merubah Kesadaran dan perilaku Buang Air Besar Sembarangan atau BABS bukanlah hal yang mudah. "Saya mengapresiasi kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi menjadikan kelurahaan Sepe'e ini sebagai kelurahan ODF Ke-17 di Kab.Barru, Mengingat Masih ada 38 Desa/Kel di Kabupaten Barru yang sampai saat ini belum melaksanakan Deklarasi Stop BABS". Ujarnya.

(Humas Pemkab Barru)