Putar Haluan Jadi Pengrajin Kursi, Warga Tanete Riaja Barru Ini Raup Omzet Rp 10 Juta Sebulan

Monday, 4 December 2017

TANETE RIAJA - Nur Salim, warga Kajuara, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, merupakan pengrajin kursi dari bahan ban bekas.

Selama mengeluti pekerjaannya, kebutuhan keluarga Nur Salim selalu terpenuhi.

Dia pun tak menyangka bakal meraup keuntungan yang jumlahnya lumayan banyak dari hasil pekerjaannya tersebut.

Padahal, pekerjaan itu baru digelutinya sekitar satu tahun lebih atau mulai 2016.

"Saya dulu sempat jadi karyawan dari perusahaan swasta di Makassar, tapi saya berhenti karena ingin memutar haluan dan membangun usaha sendiri yaitu menjadi pengrajin kursi," kata Nur Salim ditemui di tempat kerjanya, Senin (4/12/2017).

Ide untuk jadi pengrajin kursi didapatkan pada saat dirinya masih bekerja di peruhaan swasta.

"Mulanya, waktu saya masih bekerja di perusahaan swasta, saya tinggal di salah satu mess perusahaan. Pas depan mess, ada penjual kursi ban bekas. Awalnya, karena penasaran saya mengamati saja," ujar Nur Salim.

"Lama kelamaan, karena sering saya perhatikan cara buatnya, saya semakin paham dan akhirnya saya putuskan untuk kerja kursi juga dan berhenti jadi karyawan di perusahaan," ucapnya menambahkan.

Usaha Nur Salim saat ini kian berkembang.

Ia bahkan sudah mampu mempekerjakan beberapa karyawan untuk membantunya.

"Ya Allhamdulillah pak, di sini sudah beberapa orang yang saya pekerjakan. Dan omzet dari kursi yang terjual juga sudah lumayan tinggi, pernah kami dapat Rp 10 juta dalam sebulan," kata Nur.

Nur Salim menyebut, kursi buatannya tersebut banyak diminati konsumen dari berbagai daerah karena memiliki banyak kelebihan.

Yakni ada penambahan spon kursi dan pelapis kain anti air yang menambah daya kualitas.

Dengan variasi itu, kursi mudah dibersihkan ketika berdebu atau kotor.

"Kursi yang kami buat ini kan dari ban bekas, jadi selain unik bahannya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Harganya per set saya jual Rp 1,1 juta, sudah termasuk mejanya satu," ucap Nur.

(TribunBarru.com, Akbar HS)