Plt Bupati Barru Mengikuti Rangkaian Hari Pahlawan

Sunday, 13 November 2016

Pemerintah Kabupaten Barru menggelar Upacara Peringata Hari Pahlawan 10 Nopember yang dirangkai dengan hari Kesehatan Nasional di Halaman kantor Bupati Barru, Kamis (10/11/2016). Bertindak selaku inspektur upacara Plt. Bupati Barru H. Suardi Saleh M.Si yang dihadiri ratusan peserta upacara dari ASN Lingkup Pemkab Barru, wakil pelajar dan siswa sekolah se Kabupaten Barru serta sejumlah wakil organisasi kepemudaan dan masyarakat. Ditribun undangan turut hadir Ketua DPRD Barru beserta sejumlah anggota DPRD Barru, wakil ketua TP PKK drg. Hj. Hasnah Syam beserta anggota pengurus PKK, Kapolres Barru Minarto beserta wakil kapolres Barru, Danramil dari Kodim 1405 Mallusetasi, Sekretaris Daerah Barru H. Nasaruddin beserta staf ahli, sejumlah anggota legiun veteran, serta para kepala SKPD se Kab. Barru.

Dalam sambutan tertulisnya, Plt Bupati Suardi saleh menyampaikan, bahwa korban jiwa yang sangat besar dalam merebut kemerdekaan republik Indonesia hendaknya memberi pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan melaingkan politik harapan, dan keterbaasan yang ada hendaknya tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Dihadapan para peserta upacara Suardi Saleh mengajak kepada segenap rakyat Indonesia khususnya di Kabupaten Barru untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri lain. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapa lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkan nilai nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan tanah air.

Sementara terkait dengan peringatan hari kesehatan nasional, Suardi Saleh mengajak kepada segenap komponen bangsa baik pusat maupun daerah  untuk terlibat secara aktif terus menerus dalam upaya gerakan mendorong masyarakat untuk berprilaku sehat. “mengingat pencegahan penyakit sangat tergantung pada prilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk sehat”, ungkapnya.

Momen peringatan dua hari besar nasional tersebut menurut Suardi Saleh hendaknya dimaknai tersendiri karena kurung waktu kemerdekaan RI hingga hari ini telah banyak keberhasilan yang sudah dicapai diberbagai sektor pembangunan khsusnya bidang peningkatan sumber kualitas manusia serta pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok negeri yang merupakan buah perjuangan para pahlawan. Keberhasilan tersebut harus di jiwai dengan penuh kebersamaan dan persatuan menuju kesejahteraan masyarakat yang adil dan bermartabat.

Usai upacara, Plt Bupati bersama rombongan dari Kodim Mallusetasi, Polres Barru dan DPRD Barru melakukan acara Tabur Bunga di pusara para pahlawan bangsa di Taman Makam Pahlawan Sumpang Binangae. Selanjutnya rombongan Plt. Bupati Barru bersama anggota forkopimda selanjutnya mengadakan acara ramah tamah bersama veteran RI, janda veteran, perintis kemerdekaan RI sebagai rangkaian peringatan hari pahlawan 10 Nopember 2016 di Baruga Sungkeru Adae.

Mustafa Hadi, Ketua legiun veteran kabupaten Barru yang tampil membawakan Kesan dan pesannya pada acara itu mengemukakan, hari ini begitu istimewa bagi para veteran, namun banyak diantara veteran tidak mampu lagi hadir karena fisik yang sudah tidak memungkinkan lagi, telah banyak yang sakit namun semangat para veteran tidak akan pernah lunturuntuk berbakti kepada negeri,” NKRI adalah harga mati dan tidak bisa ditawar...Merdeka...merdeka...merdeka”, teriaknya dengan semangat berkobar meski dengan terbata bata.

Mustafa menuturkan, Banyak pejuang bangsa ini termasuk yang ada di kabupaten Barru yang gugur dimedan perang. Keringat, darah dan nyawa mereka korbankan  untuk memperjuangkan kemerdekaan negeri tercinta. “Marilah kita mengenang jasa para pahlawan yang rela  mengorbankan jiwanya untuk kemedekaan, isi kemerdekaan ini bukan hanya sekedar seremonial saja, tunjukkan bukti nyata bahwa kita menghargai kemerdejaan ini, menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa utamanya para generasi muda indonesia”, ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Plt Bupati barru H. Suardi Saleh dalam sambutannya mengaku kagum akan semangat para veteran pejuang kemerdekaan tersebut. Semangat yang ditunjukkan para veteran tak pernah luntur penuh keikhlasan kepada bangsa meskipun diusia yang semakin menua. “ seharusnya semangat generasi penerus harus lebih tinggi dari semangat yang diperlihatkan para veteran kita”, kata suardi saleh.

Suardi Saleh menuturkan, Bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. “sebagai bangsa yang menghargai jasa para pahlawan maka menjadi hal yang wajar apabila kita mengenang dan memperingati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan, tujuannya untuk membangun ingatan kolektif dan kesadaran berbangsa dan bernegara, memperkokoh nilai nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial dan meningkatkan kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia”, tuturnya.

Momentum ini hendaknya dijadikan sebagai langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme sebagai warga kabupaten Barru yang maju dan bermartabat. “hanya dengan ikatan tanggungjawab, semangat dan pikiran pikiran luhur, Insya Allah kita akan bisa melangkah maju menuju cita cita yang termuat dalam RPJMD kabupaten Barru 2016-2021”, katanya.

Cara menghargai perjuangan para pahlawan adalah dengan mengimplementasikan nilai kepahlawanan di masyarakat. Bukan sekedar renungan, upacara atau seremonial lainnya. Tetapi berkontribusi nyata untuk masyarakat, followup-nya adalah perjuangan yang telah dirintis dapat diperluas dalam berbagai bentuk program dan kegiatan sesuai kondisi kekinian. “jangan sampai semangat dan perjuangan para pahlawan hanya menjadi bagian dari sejarah masa lalu tanpa makna, mari maknai nilai perjuangan tersebut dengan berbagai aktifitas untu membangun daerah yang kita cintai sesuai dengan kemampuan masing-masing, mari sejukkan daerah kita dengan menjaga persatuan dan jangan saling menciderai”, pungkasnya. (Mirwanhumas)