Pesta Adat Mappadendang dan Mattojang

Sunday, 20 October 2019

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si di dampingi Ketua TP. PKK Kab. Barru drg. Hj. Hasnah Syam, MARS Menghadiri Acara Pesta Adat Mappadendang dan Mattojang di Dusun Pacekke, Kecamatan Soppeng Riaja, Kab. Barru, Kamis (17/10/19).
Acara Mappadendang ini di adakan sekali dalam 3 tahun bertujuan untuk melestarikan budaya lokal dengan tema “Dengan semangat Mappadendang dan Mattojang kita lestarikan nilai kreatif lokal dan semangat gotong royong masyarakat desa pacekke”.
Acara Mappadendang ini dihadiri oleh Dandim 1405 Mallusetasi Ali Syahputra Siregar, SH. MH, Ketua DPRD Kab. Barru Nursalim, Mantan wakil bupati Barru A. Anwar aksa, Kejaksaan Negeri Barru, anggota DPRD Kab. Barru kepala SKPD, Camat Soppeng Riaja, Kapolsek Soppeng Riaja, Kepala Desa Pacekke serta para tokoh masyarakat Dusun Pacekke.
Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si Mengapresiasi pelaksaan acara Mattoana Wanua yang rangkain acaranya terdiri dari kegiatan seni Mappadendang, Mattojang, Manre Saperra, Tudang Ade, Paoni-oni riolo dan lain-lain.
Kekhasan yang ada di paccekke adalah kegiatan tradisi ini dilaksanakan secara besar-besaran dan melibatkan kebersamaan pemerintah dan seluruh warga masyarakat baik yang berdiam didalam maupun diluar daerah."Saya mengucapkan Terimakasih kepada segenap warga masyarakat Paccekke dan jajaran Pemerintah Desa dan Camat serta seluruh pihak yang telah memberi dukungan atas terselenggaranya acara Mattoana Wanua". Ujarnya.

(Humas Pemkab Barru)