OPTIMALKAN PELAYANAN KESEHATAN,BUPATI BARRU SERAHKAN KARTU KIS

Tuesday, 24 April 2018

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si Menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam rangka Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2018 yang digelar di Kec. Mallusetasi dan Kec. Sop. Riaja (Selasa/24/04/18).

Pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini dalam rangka tercapainya Universal Health Coverage (UHC) diwilayah Kab. Barru yakni cakupan kepesertaan menyeluruh, dimana terdaftarnya penduduk di wilayah Kab. Barru menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Turut hadir pada kegiatan ini, Kadis Sosial, Kepala BPJS Kab. Barru, para Kepala Desa dan Pimpinan OPD yang terkait.

Berdasrkan data yang diperoleh dari Dinas Sosial, masyarakat kurang mampu diwilayah Kab. Barru yang dilayani sebanyak 7.000 jiwa denga rincian sebagai berikut :
1. Kec. Mallusetasi 1.207 jiwa, 
2. Kec. Soppeng Riaja 1.194 jiwa
3. Kec. Balusu 583 jiwa
4. Kec. Barru 1.057 jiwa
5. Kec. Tanete Rilau 911 jiwa
6. Kec. Tanete Riaja 1.198 jiwa dan
7. Kec. Pujananting 850 jiwa.

Kasi pengelolaan Sumber Dana Sosial dan Jamsos Dinas Sosial Kab. Barru Jamaluddin Hasmin, S. STP, M.Si mengatakan, Saat ini di tahun 2018 peserta yg terdaftar sebagai peserta JKN dari seluruh segmen kepesertaaan sebanyak 169.759 jiwa atau 97, 74 % dari jumlah penduduk 173.683 jiwa.
"Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan masyarakat yg telah memiliki kartu KIS dipastikan mendapatkan jaminan berupa perlindungan dalam kesehatan sehingga peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap masyarakat" ujarnya.

Sementara itu Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, berharap dengan adanya kartu kis yang baru diterima, jika mengalami gangguan kesehatan atau berkeinganan untuk melakukan check up kesehatan, silahkan mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama (fktp) dimana kartu kis bapak/ibu terdaftar dan dipastikan mendapatkan layanan kesehatan.
"sesungguhnya kartu kis yang bapak/ibu pegang tidak geratis akan tetapi iurannya dibayarkan oleh Pemda Barru dengan total anggaran untuk KIS Sharing Propinsi Rp. 704.572.800/bulan dan khusus untuk KIS Kab. Barru Rp. 161.000.000/bulan jadi total anggaran Kab. Barru yakni Rp. 865.572.800/bulan untuk 58.056 jiwa jumlah kepesertaan" pangkasnya.

Dengan melihat jumlah kepesertaan BPJS, semakin membuktikan kepedulian Pemerintah Kab. Barru khususnya dalam memberikan jaminan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap penduduk.

(Humas Pemkab Barru)