MTQ XXIX TINGKAT SULAWESI SELATAN DITUTUP, BARRU JUARA UMUM

Monday, 6 June 2016

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan H. Agus Arifin Nu’mang secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Ke-XXIX di Taman Colliq Pujie Alun Alun Kota Barru jumat malam (3/6/2016). Seperti acara pembukaan sebelumnya, acara penutupan MTQ ini juga berlangsung meriah dan semarak. Sejumlah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten/Kota nampak duduk di tenda kehormatan, Danrem 142 Tatag, Kepala Kantor Kementrian Agama Sulsel, para anggota DPRD Kabupaten Barru serta sejumlah pejabat provinsi Sulsel turut hadir dimalam penutupan tersebut.

MTQ Ke XXIX yang kali kedua dilaksanakan di Kabupaten Barru ini diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan. Acara yang dibuka oleh Gubernur Sulsel 29 Mei lalu ini menghelat 7 jenis lomba, yaitu lomba tilawah, hifzil qur’an, tafsir qur’an, fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, lomba kaligrafi dan lomba musabaqah makalah Al Qur’an.  Kabupaten Barru selaku tuan rumah pada MTQ 29 kali ini berhasil menjadi juara umum menyisihkan seluruh peserta kabupaten kota se Sulawesi Selatan. Berturut turut kabupaten kota yang menempati urutan sampai sepuluh adalah Luwu timur diurutan kedua, menyusul pinrang, makassar, palopo, luwu, bulukumba, bone, selayar, serta jeneponto diurutan ke sepuluh. “semoga kemenangan Kabupaten Barru pada MTQ kali ini menjadi motivasi dan  inovasi menjadikan mewujudkan kabupaten Barru yang lebih baik” Ujar Idris Syukur menanggapi hal ini.

Semangat berlomba para kafilah dalam ajang dua tahunan ini sangat terasa ketika mengetahui salah seorang pemenang dalam lomba hafiz qur’an 10 Juz dari Kabupaten Takalar masih dalam kondisi diinfus di RSU Barru dikarenakan sakit DBD. Perjuangannya membawa harum nama daerahnya tak terhalangi oleh sakit yang dia derita. “luar biasa semangat berlomba para kafilah yang mengikuti MTQ kali ini, semoga MTQ kali ini benar-benar melahirkan para jawara yang siap bertanding diajang nasional di Mataram nanti” komentar Idris Syukur.

Pada sambutan penutupan malam itu, Bupati Barru juga menyampaikan dihadapan Wagub Agus Arifin Nu’mang dan tamu undangan, tak lupa Andi Idris Syukur memohon maaf jika selama penyelenggaraan MTQ ke 29 tersebut terdapat hal-hal yang tidak berkenan yang mungkin saja diluar dari jangkauan para panitia penyelenggara, baik bagi peserta, para hakim, para tamu-tamu kehormatan dari seluruh kabupaten kota se sulawesi selatan yang datang mengunjungi kabupaten Barru selama ajang MTQ dilaksanakan. “Hal-hal yang kurang baik itu kita simpan saja di taman Colliq Pujie ini, yang baik baik silahkan bawa pulang ke kabupatenta masing-masing” katanya.Dikesempatan itu, Idris Syukur juga menyampaikan kepada Wakil Gubernur Sulsel berserta seluruh tamu undangan, perihal  kepedulian pemerintah kabupaten Barru terhadap peningkatan perkembangan kehidupan keagamaan di Barru. “Pak wagub, kami telah menyiapkan insentif kepada 1197 guru mengaji yang mengajar baca tulis Al-Qur’an di Barru, kami juga membina sebanyak 60 sekolah diniyah, menyiapkan insentif terhadap 325 imam mesjid beserta 600 lebih pegawai syara’nya, kesemua ini untuk mewujudkan kabupaten Barru yang bernafaskan keagamaan” ungkapnya. 

Idris juga menambahkan, pada tahun ini di kabupaten Barru, telah menyiapkan sekolah SLTP yang berbasis pesantren. Sekolah ini menyiakan 6 kelas, asrama siswa, dengan metode belajar dibagi dua, yaitu pagi sampai siang belajar seperti sekolah umum lainnya, dan pada sore sampai malamnya berupa pendidikan agama seperti menghapal AlQur’an. “sekolah ini adalah harapan Kabupaten Barru, karena itu sekolah ini kami tempatkan di desa yang bernama desa harapan dan tahun ini Insha Allah mulai menerima siswa baru” ungkap Idris Syukur.Sementara Wagub Sulsel Agus Arifin Numang menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan MTQ ke 29 di Kabupaten Barru yang menurutnya berjalan dengan sukses. Besan Bupati Barru ini berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman kita semua terhadap kandungan makna Al-qur’an dan pemahaman terhadap bagaimana menjalangkan keislaman kita yang sebenar-benarnya. “selamat kepada Kabupaten Barru sebagai Juara Umum, selamat kepada semua pemenang, Insya Allah semoga MTQ Tingkat Nasional bulan Agustus nanti di Mataram, dapat membawa harum nama Sulawesi Selatan." Pangkasnya (Sumber:Humas)