MICHI NO EKI AKAN SEGERA HADIR DI BARRU

Wednesday, 22 May 2019

Sekretaris Daerah Kab. Barru Ir. H. Nasruddin AM, M.Si menghadiri acara "MICHINOEKI" SEMINAR BETWEEN GOVERNMENT OF SULAWESI SELATAN AND GOVERNMENT OF JAPAN yang digelar di Baruga Pattingaloang Rumah Jabatan Gubernur Sulsel (Senin/20/05/19).

Apa itu Michi No Eki? Michi No Eki adalah supermarket di Jepang, yang dibangun oleh pemerintah, namun diisi dengan hasil pertanian petani dan produk UKM masyarakat.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah melalui acara Focus Goup Discussion (FGD) berniat untuk mengadopsi dan mengimplementasikan sistem supermarket MichinoEki dari Jepang pada Pembangunan dan Pengelolaan Rest Area untuk peningkatan ekonomi masyarakat nantinya.

Di Kabupaten Barru sendiri menjadi salah satu perioritas utama pembangunan Rest Area dari 10 Kabupaten untuk Tahun pertama.

"Pengembangan ekonomi Sulsel harus bertumpu pada potensi lokal. Kita ada banyak produk yang perlu di-hilirisasi agar sampai di pasar dengan nilai tambah maksimal,” kata Nurdin Abdullah dalam sambutannya.

Michi no Eki adalah bahasa Jepang dari diksi ‘stasiun kota’. “Ini merupakan konsep rest area yang menyediakan tempat beristirahat dan dilengkapi layanan seperti tempat makan, tempat memamerkan produk-produk khas atau yang bisa bermanfaat bagi yang datang ke situ,” kata Shintani Nouyuki, perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) saat ditanya apa itu michi-o-eki.

Sekretaris Daerah Ir. H. Nasruddin AM mengatakan bahwa hadirnya Rest Area di Barru yang lokasinya cukup strategis, ini juga bakal menawarkan panorama alam, dengan posisi ketika menghadap ke belakang akan menjumpai laut, dan saat melihat ke depan akan menampakkan hamparan persawahan yang asri dan hijau.

"Rest area ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat istrahat, namun juga tempat wisata bagi siapa saja, hingga mendorong ekonomi masyarakat untuk memasarkan produk-produk lokal". Ungkap sekda Barru.

(Humas Pemkab Barru)