Mappadendang: Pesta Tanam Padi yang Kini Masih Bertahan di Kabupaten Barru

Saturday, 13 May 2017

Acara Mappadendang (Pesta Panen Adat Bugis) Sulawesi-Selatan. Mappadendang atau yang lebih dikenal dengan sebutan pesta tani pada suku bugis merupakan suatu pesta syukur atas keberhasilannya dalam menanam padi kepada yang maha kuasa. Mappadendang sendiri merupakan suatu pesta yang diadaakan dalam rangka besar-besaran. Yakni acara penumbukan gabah pada lesung dengan tongkat besar sebagai penumbuknya.

Mappadendang dan kisah modernisasi pertanian, Tradisi ini sudah berjalan turun temurun. Tiap musim panen tiba, Ritual semacam mappadendang sebenarnya bukan hanya dikenal di daerah Matajang Desa Lalabata Kec. Tanete Rilau Kab. Barru. Di sejumlah tempat yang penduduknya bergantung dari hasil usaha bertani umumnya mengenal ritual bercocok tanam. Mulai dari turun ke sawah, membajak, sampai tiba waktunya panen raya. Ada upacara Mappalili sebelum pembajakan tanah. Ada Appatinro pare atau appabenni ase sebelum bibit padi disemaikan.

Ritual ini juga biasa dilakukan saat menyimpan bibit padi di possi bolla, sebuah tempat khusus terletak di pusat rumah yang ditujukan untuk menjaga agar tak satu binatang pun lewat di atasnya. Lalu ritual itu dirangkai dengan massureq, membaca meong palo karallae, salah satu epos Lagaligo tentang padi. Ritual panen raya yang biasanya diiringi dengan kelong pare. Setelah melalui rangkaian ritual itu barulah dilaksanakan Mapadendang.

Mappadendang yang dilaksanakan di Matajang pada malam Minggu Tanggal 13 Mei 2017 di hadiri oleh Plt. Bupati Barru Ir. Suardi Saleh, M. Si, dalam sambutannya menyampaikan kepada ratusan warga Desa Lalabata, tujuan Mappadendang adalah,

  • Menyatakan rasa syukur kepada Allah
  • Menjalin silaturahmi
  • Hiburan
  • Biasanya di jadikan ajang oleh muda mudi untuk mencari pasangan
  • Memupuk rasa kebersamaan

 

Dalam acara mappadendang tersebut turut hadir Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Drs, H. Syamsuddin Muhiddin, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata Andi Syarifuddin, S.STP, M.Si  (*/Ahmad)

Sumber: Diskominsta 

Editor :Ajem