Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Diterima Oleh Bupati Barru

Monday, 23 May 2016

Tim penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016 mengunjungi Kelurahan Lompo Riaja Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru dalam rangka penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016, Sabtu pagi (21/5/2016). Bersama dengan Desa Nepo Kecamatan Mallusetasi, secara marathon tim penilai melakukan penilaian di dua tempat tersebut yang merupakan wakil dari Kabupaten Barru dalam ajang tahunan Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulsel. Tiba di Kelurahan Lompo Riaja, Tim Penilai yang dipimpin oleh H. Mustari Soba, SH,M.Si disambut oleh Bupati Barru H. Andi Idris syukur bersama ketua TP PKK Kab. Barru Hj. Andi Citta mariogi Idris, turut mendampingi para anggota forum komunikasi pimpinan daerah, Sekda Barru, para asisten dan staf ahli, para kepala SKPD, para camat se Kabupaten Barru serta Kepala Kelurahan Lompo Riaja selaku tuan rumah yang didampingi para kepala lingkungan dan RT-nya, serta masyarakat Kelurahan Lompo Riaja yang tampak antusias menyambut tamu-tamu dari Makassar tersebut. Lurah Lompo Riaja Sulaeman S.Ip dihadapan Bupati Barru dan tim penilai menyampaikan ucapan terima kasih atas perkenaan Kelurahan Lompo Riaja mewakili Kabupaten Barru dalam ajang lomba desa tingkat provinsi tahun 2016 ini. Sulaeman mengaku telah bekerja maksimal sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya selaku wakil pemerintah di Kelurahan. Ia dan jajarannya merasa berbangga kerja nyata mereka diberi kesempatan untuk dievaluasi diajang tingkat provinsi tersebut, “kami siap dinilai dengan obyektif, inilah kerja nyata kami selama ini, jika terdapat hal-hal yang belum maksimal dari kinerja kami, maka kami siap untuk melakukan perbaikan lebih baik lagi” tegasnya yang disambut tepuk riuh para hadirin yang hadir.

Ketua Tim Penilai Provinsi H. Mustari Soba pada sambutannya mengemukakan, pihaknya sangat berterima kasih atas penerimaan tim oleh pihak pemerintah kabupaten Barru dalam hal ini Kelurahan Lompo Riaja. Lengkapnya aparatur pemerintah yang datang menyambut membuktikan keseriusan seluruh stake holder terhadap kegiatan peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan di desa dan kelurahan di Kabupaten Barru. Mustari juga mengakui pesatnya perekembangan pembangunan di Kabupten Barru selama kepemimpinan Idris Syukur, “luar biasa perkembangan pembangunan di Barru ini, sangat-sangat bagus dan membanggakan selama kepemimpinan beliau” ungkapnya. Lebih lanjut Mustari menjelaskan, bahwa kegiatan penilaian lomba desa adalah untuk evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, untuk mengetaui lebih jauh efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakatnya.

Lomba desa tahun ini melibatkan seluruh desa kelurahan se Indonesia dengan dibagi 4 region. Mustari berharap, salah satu desa atau kelurahan di Sulawesi Selatan bisa membawa harum nama Sulawesi selatan pada ajang lomba desa tingkat nasional yang akan diselenggarakan bulan Nopember mendatang di Mataram. “mudah-mudahan desa/kelurahan di Barru ini bisa masuk nominasi”ungkapnya.Sementara itu Bupati Barru H. Andi Idris Syukur sangat mengapresiasi kesiapan Kelurahan Lompo Riaja menghadapi penilaian lomba desaa kali ini, Idris bahkan memuji sikap percaya diri Lurah Sulaeman yang ingin dinilai secara obyektif oleh tim penilai. “saya tahu betul bahwa di kelurahan ini lembaga-lembaga kemasyarakatannya sangat aktif mendukung penyelenggaraan pembangunan  dan pemerintahan serta keaktifan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatannya, mulai dari PKK, majelis taklim, posyandu dan para pemudanya yang sangat aktif melalui karang taruna dan remaja mesjidnya” ungkapnya. Andi Idris menambahkan bahwa apa yang tampak di Kelurahan Lompo Riaja ini adalah sinergi yang nyata dari semua lembaga-lembaga kemasyarakatan baik yang terbangun atau yang digagas oleh pemerintah maupun yang tumbuh ditengah-tengah masyarakat Lompo Riaja sendiri. “Inilah Lompo Riaja apa adanya, tidak ada rekayasa karena saya memang pesan demikian, karena bagaimanapun bagusnya kalo itu rekayasa sama halnya dengan membohongi diri sendiri” katanya. “merekayasa agar tampak baik itu tidak boleh, karena kita ini orang Barru, kebaikan kata Barru itu telah termaktub di dalam Al Qur’an yang berarti orang yang senantiasa menerbar kebaikan, orang Barru itu artinya mappigau deceng (berbuat kebaikan), jadi kalo ada orang barru yang suka fitnah, provokasi atau hal buruk lainnya maka patut dipertanyakan asal usul keBarruannya “ tandas idris yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Istrahat siang, tim penilai yang didampingi Sekda Barru dan ketua TP PKK Kab.Barru Hj. Andi Citta Mariogi Idris mengunjungi salah satu rumah contoh Pendidikan Anak Usia Dini “Azalia” di jalan Labanda Tabba Batue tak jauh daru Kantor Lurah Lompo Riaja. Ditempat ini, anggota TP PKK Kelurahan Lompo Riaja didampingi para pengurus TP PKK Kecamatan Tanete Riaja menampilkan beragam kue tradisional dan kerajinan tangan buah karya mereka. Penganan tradisional khas rasa Lompo Riaja seperti bannang, cuccuru, onde-onde, ditampilkan mulai dari cara pembuatannya hingga kue-kue tersebut disajikan. Ketua Tim H. Mustari bersama anggota tim lainnya berkesempatan mencicipi penganan tradisional tersebut dan mengakui kelezatan rasanya. Senada dengan Bupati Barru, Ketua TP PKK Kab. Barru Hj. Andi Citta Mariogi pun berharap agar kerja nyata yang ditampilkan oleh kelurahan Lompo Riaja dalam ajang lomba desa tahun 2016 ini dapat membuahkan hasil yang mengembirakan “kita berharap agar agar salah satu desa atau kelurahan yang mewakili kabupaten Barru dalam lomba desa tahun ini mendapatkan penilaian yang tinggi dan mendapat juara" ungkapnya. (Sumber: Humas)

[[galery]]