Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi

Wednesday, 13 May 2015

Barru-  Penilaian  Lomba Desa dan  Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan telah dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Mei 2015. Adapun Desa / Kelurahan yang mewakili Kabupaten Barru adalah Kelurahan Kiru-kiru Kecamatan Soppeng Riaja dan  Desa Tompo Kecamatan Barru.

Bupati Barru, bapak Ir.H.Andi Idris Syukur, MS dengan setia mendampingi Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan dari Provinsi, bapak Drs. Sentot Irawan,B,  M.Si beserta rombongan Tim penilai lainnya di setiap tempat penilaian lomba tersebut.  Hal tersebut merupakan sebuah bentuk perhatian dari beliau terhadap Kabupaten Barru di setiap sektor, demi mewujudkan  Barru Yang Lebih Baik.

Acara Lomba Desa/Kelurahan ini merupakan agenda Nasional yang setiap tahun dilaksanakan, sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan kelurahan.

Dimana dalam aturan tersebut ditegaskan bahwa perlombaaan desa dan kelurahan bertujuan untuk  mengevaluasi dan menilai sejauhmana perkembangan pembangunan suatu desa dan kelurahan atas usaha bersama pemerintah desa dan kelurahan dem=ngan masyarakatnya dalam membangun dirinya untuk mewujudkan kemandirian yang bertumpu pada potensi yang dimilikinya dan di support oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Stajeholder lainnya.

Acara ini turut pula dihadiri oleh segenap Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Barru, jajaran SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Barru dan  Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru.

Dalam sambutannya, Bupati Barru mengatakan bahwa keberhasilan pembangunan Kelurahan Kiru-kiru dan Desa Tompo ini secara terukur terlihat pada delapan indikator penilaian perlombaan desa dan kelurahan sehingga Kelurahan Kiru-kiru dan Desa Tompo mampu keluar sebagai Juara Pertama dalam lomba desa /kelurahan Tingkat Kabupaten Barru.

“ setelah menang di Tingkat Kabupaten, kemudian mengantarkan Kelurahan Kiru-kiru dan Desa Tompo mewakili Kabupaten Barru pada perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2015 ini” ujar beliau.

Dalam laporan Lurah Kiru-kiru mengatakan bahwa Kelurahan Kiru-kiru mempunyai prestasi sebagai berikut; juara Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GPTA) Tingkat Provinsi Sulsel dan masuk dalam 10 besar Tingkat Nasional, menjadi pelaksana System Of  Rice Intensification (SRI) dan sangat dikenal di Indonesia sehingga saat panen turut dihadiri oleh Dirjen PSP Kementerian RI dan Kelurahan Kiru-kiru menjadi daerah penghasil benih (penangkaran benih).

Dilain tempat yakni saat acara penerimaan tim penilai di Desa Tompo, bapak Ir. H. Andi Idris Syukur, MS memberikan cenderamata berupa batu permata lokal Barru kepada bapak Drs. Sentot Irawan,B  , M.Si.  Adapun baru permata yang diberikan adalah batu Fosil Kelor dan Batu Badar.

“saya berharap bahwa semoga acara penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini dapat mengantarkan kemajuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Barru dan dapat bernilai ibadah bagi kita semua” ujar Bupati Barru diakhir sambutan beliau.

Ledy Diliyana / Humas

Editor: AJem Kominfo