HUT HKG PKK 44, PERKUAT DASAWISMA

Tuesday, 8 November 2016

Puncak acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 44 TingkatKabupaten Barru dipusatkan di Gedung Islamic Centre Barru, senin (7/11/2016). HKG PKK ke 44 ini mengambil tema “Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 44 kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK melalui penguatan Dasawisma”. Hadir dalam peringatan HKG ini wakil dari anggota unsur forum kemunikasi pimpinan daerah, Ketua Persit Kartika Candra Kirana,Wakil dari Bhayangkari Polres Barru, para kepala SKPD se Kab. Barru, , sejumlah  pengurus organisasi wanita, para Ketua TP PKK Kecamatan, Desa dan Lurah se Kab. Barru beserta seluruh anggota kader PKK, Dasawisma se Kabupaten Barru.

Wakil Ketua TP PKK Kab. Barru drg Hj Hasnah Syam MARS yang membacakan sambutan seragam Ketua Umum PKK RI dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa para kader PKK dimanapun berada harus senantiasa memelihara semangat dan motivasinya  dalam kondisi dan situasi bagaimanapun, karena para kader PKK adalah insan relawan yang dengan sadar mengabdikan diri untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan keluarga. Hanya dengan semangat yang tinggi itulah para pionir-pionir PKK 44 tahun silam melalui gerak kridanya bekerja tanpa pamrih, tanpa berharap imbalan apapun sehingga sampai dengan hari ini hari kesatuan gerak PKK itu diperingati diseluruh pelosok negeri. Dalam sambutan tertulis tersebut, Ketua Umum PKK RI mengajak segenap kader PKK memaknai peringatan HKG PKK kali ini. Diharapkan, segenap jajaran TP PKK secara berjenjang harus mampu membuktikan kinerjanya dengan berupaya keras untuk memperkuat peranan kelompok Dasawisma yang merupakan ujung tombak gerakan PKK. Para kader PKK juga diharap memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja gerakan PKK.

Sementara itu, Plt. Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih danpenghargaan serta aprisiasi yang tinggi kepada segenap jajaran pengurus PKK dari tingkat kabupaten kecamatan, desa, lurah RT RW dan dasawisma se kabupaten Barru atas kiprahnya yang diberikan dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat atas program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh  para kader PKK dan Dasawisma yang ada diseluruh pelosok Barru, sebagai salah satu bagian penting yang mendukung program pemerintahKabupaten Barru dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat kabupaten Barru.

Dalam kesempatan tersebut, Suardi Saleh mengajak kepada semua pihak termasuk segenap jajaran TP PKK agar memberikan perhatian khusus kepada dasawisma karena dasawisma merupakan ujung tombak gerakan PKK. “dengan penguatan dasawisma kita wujudkan kinerja untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga, karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan dan kondisi keluarga dapat merupakan barometer bagi kesejahteraan keluarga dan lingkungannya”, ungkapnya.

Menurut Suardi Saleh, dengan pembinaan yang terus menerus mulai dari pusat sampai ke desa, maka gerakan PKK dapat terus berkembang dan berkontribusi dalam melakukan perubahan pada masyarakat kearah yang lebih baik. “TP PKK harus terus menunjukkan peran aktifnya mendukung keberadaan dasawisma dalam memberdayakan segenap potensi yang ada dilingkungannya untuk meningkatkan kualitas hidup rumah tangga dan kemandirian masyarakatnya, karena dasawisma sejatinya hadir menjadi wadah terdepan bagi rumah tangga dimana anggotanya saling berinteraksi mewujudkan  kebersamaan, berbagi suka dan duka sebagai bagian dari anggota masyarakat dalam menjalani kehidupannya dan sekaligus menjadi pilar dalam memperkuat ketahanan mewujudkan ketentraman dan kesejahteraan masyarakat”, urainya.

Rangkaian kegiatan HKG PKK Ke 44 ini dimeriahkan dengan berbagai lomba yang diadakan oleh TP PKK Kabupaten Barru.Kegiatan lomba yang dimulai tanggal 24 oktober hingga 31 Oktober ini yaitu, lomba administrasi PKK dan Dasawisma, lomba hatinya PKK, lomba kaifiyatul jenazah, lomba posyandu dan lomba penyuluhan PHBS. Oleh Wakil TP PKK Hasnah Syam, lomba lomba PKK ditingkat Kecamatan tersebut selain sebagai bentuk motivasi juga dimaksudkan untuk mengukur kinerja para pengurus PKK ditingkat Kecamatan, desa dan kelurahan, serta untuk  mengetahui sejauh mana pelaksanaan 10 program pokok PKK dijabarakan ditingkat bawah. Pada enam kategori yang dilombakan tersebut, TP PKK Kecamatan Barru berhasil memborong sejumlah peringkat. Diantarnya pada lomba Administrasi PKK dan lomba PHBS, TP PKK Kecamatan Barru dibawah koordinasi ketuanya drg Ridha Yuniarti berhasil mengukuhkan diri sebagai yang terbaik. Dirgahayu Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke 44 Tahun 2016, Jayalah terus PKK Kabupaten Barru. (MirwanHumas)