DESA JANGAN-JANGAN BANJIR JAGUNG HIBRIDA

Thursday, 21 September 2017

Panen perdana Jagung Hibrida dihadiri oleh Plt. Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si yang digelar di Dusun Beruru Desa Janganjangan Kec. Pujananting, Rabu (20/09/17).

Panen perdana Jagung Hibrida Bisi 2 yang merupakan salah satu bibit unggul yang diuji cobakan pertama kali di Desa Janganjangan Kec. Pujananting ternyata mendapatkan hasil yang cukup baik, sebanyak 34 hektar lahan yang ditanami di Desa janganjangan dengan target 100 ton per hektar.

Ir. H. Suardi Saleh mengatakan dalam sambutannya bahwa jagung merupakan sumber pangan dan sebagai bahan industri selain itu juga dapat dijadikan bahan untuk bbm alternatif maka pemerintah Kab. Barrumelaksanakan program OPSUS (operasi khusus) bagi jagung dan kedelai dimulai pada th 2015.

Proses peningkatan produksi, petani membutuhan pemasaran yang jelas , pompanisasi dan mesin pemipil dan yang menjadi perhatian adalah pendistribusian pupuk bagi petani harus tepat.

"Tahun 2018 pemerintah akan memberikan bantuan untuk mesin pompa dan pemipil yang tentunya kelompok tani harus memasukkan proposal terlebih dahulu sebagai proses administrasi agar nantinya ada peningkatan produksi sembari mendorong perluasan wilayah penanaman" pangkasnya.

selain itu Ir. H. Suardi Saleh tidak henti-hentinya mengingatkan kepada para aparat pemerintah, baik itu pemerintah desa maupun pemerintah kecamatan agar kiranya pelayanan masyarakat tetap dioptimalkan sebagai upaya mensejahterakan masyarakat.
(Andri Humas Pemkab Barru)