DEKLARASI DESA STOP BABS (ODF) DESA LAWALLU KEC. SOPPENG RIAJA

Wednesday, 13 February 2019

Ketua TP PKK kab. Barru drg. Hj. Hasnah Syam, MARS Menghadiri Acara Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarang (BABS) (ODF) Desa Lawallu. Berlangsung di Desa Lawallu kec. Soppeng Riaja kab. Barru. Selasa (12/02/19).

"Masyarakat Desa Lawallu Telah di Nyatakan Bebas Dari Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (STOP BABS)"

drg. Hj. Hasnah Syam, MARS menyerahkan piagam penghargaan desa ODF (Open Defecation Free) tidak buang air besar di sembarangan tempat, kepada desa lawallu kec. Soppeng Riaja, Kab.Barru.

Asisten Administrasi Umum- Hj. ST. Nasriah Majid, SH, MH membacakan sambutan Bupati Barru "Sesungguhnya apa yang kita lakukan pada hari ini, meruapkan sebuah proses yang panjang. Merubah kesadaran dan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat, dari buang air
besar sembarangan atau BABS menjadi stop BABS bukanlah perkara yang mudah. Terbukti bahwa sekian puluh tahun adanya program sanitasi yang digalakan oleh pemerintah tapi hasilnya baru bisa tercapai pada hari ini".

Pemerintah kab. Barru tidak pernah berhenti dan terus mengupayakan bagai mana persoalan sanitasi dasar ini bisa terselenggara dengan cepat mengingat persoalan jamban keluarga sangat berpengaruh langsung terhadap kesehatan masyarakat.

Pemerintah kab. Barru telah berkomitmen untuk menjadikan kab. Barru sebagai kabupaten STOP BABS atau kabupaten ODF tahun ini.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi menjadikan desa lawallu ini sebagai desa ODF ke-16 di kab. Barru dan tentunya ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada pemerintah desa, puskesmas mangkoso dan dan seluruh masyarakat serta pihat yang turut membina. Saya berharap agar status ODF ini tetap di pertahankan dengan berbagai strategi",ungkapnya.

(Humas Pemkab Barru)