BUPATI BARRU HADIRI PENGUKUHAN PEMANGKU ADAT ARUNG TUWUNG

Sunday, 28 October 2018

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menghadiri pelantikan & pengukuhan pemangku adat Arung Tuwung di rumah adat Arung Tuwung, Sumpang Binangae, Minggu (21/10/18)

Pada pelantikan dan pengukuhan itu turut hadir Ketua Devisi Advokasi Kebijakan Mapan Raya, Yudilfan Raya Habib Datu Monti, Kedutaan Soppeng YM. Andi Tantu Datu Galib , Kerajaan Barombong YM. Andi Syaifuddin Karaeng Serang, Lembaga Adat Ammatoa Bulukumba YM. H. Mansyur Embas, Lembaga Adat Kerajaan Siang Pangkep YM. Andi Hayatuddin Daeng Pabali, Akkarungeng Belawa/Datu Belawa Wajo YM. Andi Bau Herlina Datu Sulolipu, Kerajaan Bone YM. Andi Baso Hamid, Lembaga Adat Tojeng Karaengta YM. Karaeng Naro, M. BA, Ketua Panitia YM. Andi Haeruddin, SH, Dandim 1405 Mallusetasi, Kapolres Barru, serta para yang Mulia.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat mengemban tugas dan amanah kepada pemangku adat yang baru dikukuhkan Ir. Hj. Andi Kurniawati Andi Idria "Semoga dengan diangkatnya sebagai pemangku adat dapat berkontribusi positif dalam membangun kebersamaan dan terkhusus dalam pemajuan kebudayaan di Kab. Barru", ujar Bupati Barru.

Lebih lanjut beliau berpesan kepada Arung Tuwung yang baru dikukuhkan. Salah satu peninggalan sejarah yang menyimpan berbagai aspek kebudayaan suku bangsa yang memiliki aksara sendiri ialah Naskah. Orang bugis adalah salah satu suku bangsa yang beruntung memiliki aksara sehingga aspek kebudayaan pada masa lampau masih dapat tersimpan dalam naskah lontara.

Pelantikan dan pengukuhan pemangku adat arung tuwung tersebut di awali dengan tari paduppa dan dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dan pengukuhan yang di tandai dengan pemberian kris pusaka, penyematan pin dan pemasangan Selempang. (Humas Pemkab Barru)