BUPATI BARRU BERI KULIAH UMUM DI STKIP MUHAMMADIYAH BARRU

Monday, 29 October 2018

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si hadiri kuliah umum kampus STKIP Muhammadiyah Barru di Aula Kampus STKIP Muhammadiyah Barru, Minggu (21/10/18).

Dihadapan ratusan mahasiswa, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si memberikan kuliah umum dengan tema "pembangunan daerah melalui perspektif otonomi daerah".

Beliau menjelaskan dalam pemerintahan, pemberian otonomi berarti pelimpahan sebagian kewenangan, tugas kewajiban, dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan negara dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.Negara di artikan sebagai kumpulan orang-orang yang berada di dalam suatu tempat di organisasikan oleh pemerintah dan memiliki tujuan.Negara Indonesia memiliki tujuan sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat.Tujuan tersebut dijalankan oleh Aparatur Sipil Negara dengan memberikan pelayanan terbaik.

Berdasarkan UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.Urusan pemerintahan terbagi tiga yakni urusan absolut,konkuren dan pemerintahan umum.Urusan konkuren menjadi dasar pelaksanaan otonomi daerah.
Dalam pelaksanaan otonomi daerah diberi alokasi dana dan daerah merencanakan sendiri,dilihat dulu kebutuhan agar nantinya tepat sasaran sesuai dengan program strategis nasional.

Sektor Pendidikan merupakan tanggung jawab moral besar karena menjadi target nasional.
Kabupaten Barru telah melewati standar APK nasional,pencapaian kompetensi guru tingkat SMP tertinggi.

Dari sektor kesehatan Barru telah memberikan kebijakan untuk membantu mempermudah dan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.
Demikian juga sektor pertanian telah memfasilitasi petani dengan bantauan-bantuan pertanian. Begitu juga dengan sektor lainnya. Dengan adanya otonomi daerah memberikan kesempatan daerah seluas luasnya untuk membangun daerahnya masing-masing.

Dalam pemaparan materi tersebut Bupati Barru di dampingi oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Barru Dr. Andi Fiptar Abdi Alam, M.Si dan Wakil Ketua 1 STKIP Muhammadiyah Barru Nasrudddin, S.Pd., M.Pd. (Humas Pemkab Barru)