BBPP Kupang Gelar Pelatihan Teknis Tematik Peternakan mendukung Program Upsus Siwab di Barru – Provinsi Sulawesi Selatan

Sunday, 18 March 2018

BBPP Kupang Gelar Pelatihan Teknis Tematik Peternakan mendukung Program Upsus Siwab di Barru – Provinsi Sulawesi Selatan

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang (BBPP) Kupang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Barru menggelar Pelatihan Teknis Tematik Peternakan bagi peternak  pada tanggal 14 – 18 Maret 2018 di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tanete Riaja, Desa Lompo Riaja, Kec. Tanete Riaja Kab. Barru – Prov. Sulawesi Selatan. Pelatihan Teknis Tematik Peternakan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru Ir. H. Aminullah Arsyad yang diikuti oleh 30 orang peternak sebagai peserta. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung proram Upsus SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting) Kementerian Pertanian, dimana Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang menjadi perhatian khusus untuk pengembangan ternak.

 Melalui pelatihan teknis tematik ini, kepala Dinas Pertanian menyampaikan apresiasi dan menyambut baik karena dengan program pemerintah pusat melalui BBPP Kupang, dapat membantu peternak yang ada di Kab. Barru untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang peternakan. Pelatihan tematik ini dihadiri oleh perwakilan BBPP Kupang, H. Muhammad Ukkas, S.Pi, M.Si selaku Kepala Bagian Umum menjelaskan, bahwa BBPP Kupang adalah Unit Pelaksana Teknis bidang pelatihan peternakan berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Badan Penyuluhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, dan dibina oleh Pusat Pelatihan Pertanian. Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu dari 11 provinsi wilayah kerja BBPP Kupang. Di tahun 2018, BBPP Kupang menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik sebanyak 34 angkatan (1.020 orang) yang tersebar di Provinsi NTT, NTB, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku dan Maluku Utara.

 Lebih lanjut dijelaskan bahwa Pelatihan Teknis Tematik Peternakan ini merupakan metode pelatihan dengan materi yang disesuaikan dengan potensi, permasalahan dan kebutuhan di daerah peternak sehingga diharapkan setelah pelatihan, peternak mampu memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkait dengan peternakan p Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang (BBPP) Kupang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Barru menggelar Pelatihan Teknis Tematik Peternakan bagi peternak  pada tanggal 14 – 18 Maret 2018 di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tanete Riaja, Desa Lompo Riaja, Kec. Tanete Riaja Kab. Barru – Prov. Sulawesi Selatan. Pelatihan Teknis Tematik Peternakan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru Ir. H. Aminullah Arsyad yang diikuti oleh 30 orang peternak sebagai peserta. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung proram Upsus SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting) Kementerian Pertanian, dimana Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang menjadi perhatian khusus untuk pengembangan ternak.

 Melalui pelatihan teknis tematik ini, kepala Dinas Pertanian menyampaikan apresiasi dan menyambut baik karena dengan program pemerintah pusat melalui BBPP Kupang, dapat membantu peternak yang ada di Kab. Barru untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang peternakan. Pelatihan tematik ini dihadiri oleh perwakilan BBPP Kupang, H. Muhammad Ukkas, S.Pi, M.Si selaku Kepala Bagian Umum menjelaskan, bahwa BBPP Kupang adalah Unit Pelaksana Teknis bidang pelatihan peternakan berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Badan Penyuluhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, dan dibina oleh Pusat Pelatihan Pertanian. Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu dari 11 provinsi wilayah kerja BBPP Kupang. Di tahun 2018, BBPP Kupang menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik sebanyak 34  ada umumnya dan khususnya program Siwab. Adapun materi pelatihan yang disampaikan kepada peserta meliputi : Kebijakan Pengembangan Peternakam, Moral dan Etika, Kelayakan Akseptor, Pakan, Pengelolaan Reproduksi dan Teknik Pendampingan.   

 Pada acara pembukaan, Kepala Dinas Pertanian Kab. Barru menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada 2 orang peserta didampingi oleh Kepala Bagian Umum BBPP Kupang dan Kepala BPP Tanete Riaja, Alimuddin, SP. Dalam Pelatihan tersebut, materi inti disampaikan oleh Hasrun, S.Pt dan Kasmin, S.Pt selaku fasilitator. Berjalannya pelatihan ini, juga didukung oleh Rukmawati, SST, MM; Endang Sulistyawati, S.AB dan Menix E. Manafe, S.Pt perwakilan BBPP Kupang bekerjasama dengan panitia lokal yang ada di Kab. Barru.