Barru Bakal Punya Pelabuhan Peti Kemas

Tuesday, 5 September 2017

Barru Bakal Punya Pelabuhan Peti Kemas

Potensi Pelabuhan Garongkong, Barru, akan terus dikembangkan. Pemerintah Kabupaten Barru menginginkan, selain melayani curah juga bisa dijadikan pelabuhan peti kemas.

Ada tiga hektare lahan yang siap untuk mendukung pengembangan kawasan pelabuhan. Plt Bupati Barru, Suardi Saleh, mengungkapkan perlunya dukungan pengembangan kawasan pelabuhan. Pelabuhan Garongkong, kata dia, sangat potensial. Kedalamannya yang mencapai 12 hingga 17 meter. Pelabuban ini menjadi pelabuban terdalam kedua di Indonesia.

Suardi berujar, potensi ekonomi di pelabuhan ini tidak boleh stagnan. Pelabuhan harus terus berkembang. Karena itu salah satunya menjadikan pelabuhan peti kemas. Apalagi pelabuhan ini terkoneksi langsung dengan jalur kereta api yang saat ini tengah pengerjaan di Barru.

"Saya kira pelabuhan ini punya potensi besar, kita ingin pelabuhan ini jadi pelabuban peti kemas," ujar Suardi, beberapa waktu lalu.

Pelabuhan Garongkong bahkan tidak perlu dibangun break water. Sebab, secara alamiah ada Pulau Pannikiang yang menjadi break water alam bagi pelabuhan ini, sehingga kolam pelabuhan terjaga dari hantaman gelombang besar. Pelabuhan ini bisa melayani kapal dengan bobot 50 ribu GRT.

Selain kawasan pelabuhan dan areal peti kemas, saat ini pelabuhan juga sudah siapkan peralatan pendukung, seperti alat untuk menaikkan dan menurunkan peti kemas.

"Saya berharap, dengan pengoptimalan Pelabuhan Garongkong ke depan, mampu mendorong perekonomian masyarakat dan di samping itu juga terjadi peningkatan PAD (pendapatan asli daerah) Barru," . 

(Fajar OnLine)