AYO...BERPRILAKU HIDUP SEHAT, "KATA BUPATI BARRU"

Monday, 2 October 2017

Pencanangan G1000G Kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat dalam rangka Hari jadi Sulsel Ke 348 di Kab. Barru dicanangkan langsung oleh Plt. Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si yang digelar di halam puskesmas padongko, Senin/02/10/17.

Gerakan Masyakat Hidup Sehat adalah suatu tindakan sistematik dan terencana yang di lakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat.

Germas dicanangkan dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan serta kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dalam pencangan tersebut, Kadis Kesehatan Kab. Barru Drg. Hj. Hasnah Syam, MARS menyampaikan bahwa diwilayah Kab. Barru target pencanangan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel sebanyak 34 titik namun pada pelaksanaannya pemerintah Kab. Barru mampu mencapai 38 titik pelaksanaan pencanangan Germas, diantaranya 12 puskesmas (target awal 8 puskesmas), 25 pustu dan 1 klinik yaitu klinik Polri.

"ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah Kab. Barru dalam mencanangkan Germas ini sebagai upaya peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat" pangkasnya.

Pada kesempatan yang sama Ir. H. Suardi Saleh dalam sambutannya mengajak kepada seluruh warga untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan.

Selain itu Plt. Bupati Barru juga mengutarakan setidaknya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan masyarakat dalam rangka membiasakan pola hidup sehat, yaitu Melakukan Aktivitas Fisik sebagai contoh senam yang dilakukan oleh Prolanis, Mengkonsumsi Sayur dan Buah, Tidak Merokok dan Memeriksa Kesehatan Secara Rutin. Selain itu Ir. H. Suardi Saleh juga berkesempatan melakukan teleconference bersama Gubernur Sulawesi Selatan bersama Kadis Kesehatan Prov. Sulsel.

"Dengan program ini kami berharap, upaya pelayanan kesehatan masyarakat dapat lebih diperkuat, sehingga pencapaian program Germas dapat terwujud", harapnya.
(Andri Hms)