AWAS...!!! BAHAYA NARKOBA

Sunday, 17 September 2017

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya, istilah narkoba ini sangat berkaitan dengan senyawa yang memberi efek kecanduan bagi para penggunanya. Bahaya narkoba tidak hanya berpengaruh pada fisik saja tetapi bisa mengganggu mental atau jiwa pecandu narkoba tersebut.

Bagi pecandu, bahaya narkoba tidak hanya merugikan masalah fisik saja tetapi akan mengalami gangguan mental dan kejiwaan. Sebenarnya narkoba ini merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit untuk membius pasien yang mau dioperasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu, tetapi persepsi tersebut disalah artikan akibat penggunaan di luar fungsinya dan dengan dosis yang di luar ketentuan. Apabila disalah gunakan, bahaya narkoba dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf. Dari ketergantungan inilah bahaya narkoba akan mempengaruhi fisik, psikologis, maupun lingkungan sosial.

Terkait dengan hal itu Pemerintah Kabupaten Barrubersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK)Barru serta aparat Kepolisian Resort Barru akan terus melakukan upaya untuk menghentikan penyalahgunaan obat-obat terlarang itu, salah satunya melalui sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba dan zat adiktif lainnya. H.Suardi Saleh yang juga sebagai Ketua BNNK Kabupaten Barru, mengatakan Bahaya penyalahgunaan Narkoba sudah sangat memperihatinkan dan apabila hal itu dibiarkan tidak hanya mengganggu kehidupan bermasyarakat akan tetapi juga sangat berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, oleh karena itu Ia berharap agar semua komponen masyarakat bisa bersama-sama membangun soliditas dalam rangka mencegah serta memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkotika serta obat-obat terlarang lainnya yang menjadi ancaman kehidupan manusia . Salah satu upaya yang dilakukan kata Ir.H.Suardi Saleh adalah meminta kepada para orang tua, fihak sekolah . tokoh agama, dan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan pengawasan serta memberikan pemahaman mengenai bahaya narkotika. Menurutnya anak-anak atau generasi muda adalah tumpuan harapan bangsa, oleh karena itu harus kita jaga agar mereka tidak terjerumus dalam peredaran barang haram ini. Beliau juga mendukung sepenuhnya langkah tegas polres Barru dalam memerangi perederan narkoba di Kabupaten Barru.