98 Persen Warganya Ikut Program JKN-KIS, Bupati Barru Terima Penghargaan Ini

Thursday, 24 May 2018

BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru raih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2018.

Penghargaan UHC Award tersebut diterima langsung oleh Bupati Barru dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Cahyo Kumolo di Istana Negara, Jakarta, Rabu  (23/5/2018).

Dalam rilis yang diterima TribunBarru.com, Rabu (23/5/2018) malam, dari 117 kabupaten/kota se-Indonesia, daerah Barru termasuk salah satunya memiliki komitmen yang kuat dalam menjamin kesehatan masyarakatnya melalui program pemberian Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) secara gratis.

Sehingga upaya dan keberhasilan menjalankan program tersebut, Pemkab Barru menerima penghargaan UHC Award dari Mendagri.

"UHC Award ini diterima Bupati Barru karena telah berhasil mengikut sertakan 98 persen masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), sehingga apa yang dilakukan Bupati Barru mendapat apresiasi dari pemerintah pusat," kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Barru, Yossy Febrysia.

Bupati BarruSuardi Saleh, lanjut Yossi, dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan komitmennya
untuk mendorong seluruh warganya agar mendapatkan pelayanan kesehatan secara paripurna melalui program BPJS.

"Bapak Suardi Saleh selalu menyampaikan bahwa seluruh warga yang tidak mampu jika sakit harus terlayani secara gratis, dan pemerintah akan terus berupaya agar seluruh masyarakat dapat tercover BPJS, termasuk melalui BPJS mandiri," ujarnya.

Untuk tahun 2018, Pemkab Barru telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 2 Miliyar Rupiah untuk membackup program tersebut.

"Pengalokasian anggaran itu dimaksudkan agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis melalui BPJS," tandasnya.

(TribunBarru.com, Akbar HS)