1612 RTS Penerima Dana PSKS Di Kecamatan Barru Tersalurkan

Tuesday, 21 April 2015

Seorang penerima dana PSKS yang sudah renta dibantu petugas TKSK saat menerima dana bantuan di Kantor Pos BarruBarru, – Dana Program Simpanan Keluarga sejahtera (PSKS) dari kementrian sosial untuk wilayah Kecamatan Barru yang dibagikan sejak tanggal 15 April lalu telah selesai disalurkan selasa lalu (21/4). Dari 1900 Rumah Tangga Sasaran (RTS) dengan nilai sebesar Rp. 1.140.000.000,- untuk sepuluh desa dan kelurahan se Kecamatan Barru, telah selesai disalurkan sebanyak 1.612 RTS.

Kadis Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Barru, Hj. St. Nasriah Majid, SH, MH melakukan pantauan langsung di Kantor Pos Barru. Secara bergantian hal yang sama dilakukan Camat Barru, Drs. H. Safruddin, M.Si juga memantau langsung penyaluran dana PSKS tersebut. “kami tidak ingin mendengar seperti yang ada di Jawa, ada warga yang meninggal karena mengantri dana bantuan PSKS”, ujar Safruddin. Ia menambaahkan, pihaknya berkepentingan untuk memastikan tidak ada gejolak atau kericuhah yang terjadi selama penyaluran bantuan tersebut. Secara keseluruhan penyaluran dana PSKS selam tujuh hari tersebut di Kantor Pos Barru tersebut berlangsung dengan aman dan lancar.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Barru Muh. Nur Abduh, SE, selaku pendamping masyarakat dalam penyaluran dana PSKS tersebut mengemukakan, bahwa pihaknya selaku pendamping masyarakat dalam wilayah Kecamatan Barru merasa puas terhadap proses penyaluran dana tersebut yang berlangsung dengan sangat tertib, aman dan lancar. “Sistem nomor antrian yang saya berlakukan sangat membantu kenyamanan warga yang menerima bantuan, tidak ada kericuhan atau keributan, tidak ada orang yang marah-marah, sangat tertib dan aman” Ujarnya. Abduh menambahkan, pihaknya selama tujuh hari pendampingan penyaluran dana tersebut tidak dikawal polisi sama sekali, hal menunjukkan bahwa situasinya betul-betul terkendali. “tidak seperti penyaluran dana di Kecamatan lain yang harus dikawal dua orang polisi dan satu tentara”, sambungnya.

Sementara itu, Abduh menerangkan jumlah RTS  yang tidak tersalurkan di wilayah Kecamatan Barru berjumlah 288 RTS. Mayoritas RTS yang tidak menerima dana tersebut disebabkan karena mereka kehilangan kartu KPS, ada penerima yang berada diluar kota dan ada penerima yang telah meninggal dunia. Terhadap RTS yang kehilangan kartu KPS disarankan untuk mengambil Surat Keterangan Hilang dimasing-masing desa/kelurahan selanjutnya disahkan di Dinas Sosial, kemudian oleh TKSK akan direkap dan diverifkasi baru kemudian diberikan dananya di Kantor Pos. “288 RTS yang tidak sempat menerima ini akan dilayani setelah berakhirnya jadwal penyaluran dari Kantor Pos se Kabupaten Barru, dan mereka bisa datang kapan saja ke Kantor Pos asal melengkapi berkas persyaratannya”, Katanya

Camat Barru secara khusus menyampaikan ucapan terima kasinya kepada Kantor Pos Barru, para pendamping dari Dinas Sosial dalam hal ini TKSK Kecamatan Barru. “kami sangat mengapresiasi kinerja teman-teman dari pihak Pos Barru beserta pendamping masyarakt dari Dinas Sosial dalam hal ini TKSK yang sangat menjaga kenyamanan dan ketertiban para warga selama  proses penyaluran bantuan”, ujarnya. (mir) Sumber : Humas Barru

Editor: Ajem Kominfo